Jesus Menonton Pertandingan Sepakbola

Jesus Kristus berkata bahwa Ia belum pernah menyaksikan pertandingan sepakbola. Maka kami, aku dan teman-temanku, mengajak Nya menonton. Sebuah pertandingan sengit berlangsung antara kesebelasan Protestan dan kesebelasan Katolik.

Kesebalasan Katolik memasukkan bola terlebih dahulu. Jesus bersorak gembira dan melemparkan topinya tinggi-tinggi. Lalu ganti kesebelasan Protestan yang mencetak goal. Dan jesus bersorak gembira serta melemparkan topinya tinggi-tinggi lagi.

Hal ini rupanya membingungkan orang yang duduk di belakang kami. Orang itu menepuk pundak Jesus dan bertanya : “Saudara berteriak untuk pihak yang mana?”

“Saya?” jawab Jesus, yang rupanya saat itu sedang terpesona oleh permainan itu. “oh, saya tidak bersoarak bagi salah satu pihak, Saya hanya senang menikmati permainan ini.”

Penanya itu berpaling kepada teman di sebelahnya, sambil mencemooh Jesus, katanya : “Atheis!”

Sewaktu pulang, Jesus kami beritahu tentang situasi agama di dunia dewasa ini. “Orang-orang beragama itu anah, Tuhan. Mereka selalu mengira, bahwa Allah ada di pihak mereka dan melawan orang-orang yang ada di pihak lain.”

Jesus mengangguk setuju, “Itu sebabnya Aku tidak mendukung agama. Aku tidak mendukung agama; Aku mendukung orang-orangnya,” katanya. “Orang lebih penting daripada agama. Manusia lebih penting dari hari Sabat.”

“Tuhan, berhati-hatilah dengan kata-kata-Mu,” kata salah seorang diantara kami dengan was-was. “Engkau pernah disalibkan karena mengucapkan kata-kata serupa itu.”

“Ya, dan justru itu dilakukan oleh orang-orang beragama,” kata Jesus sambil tersenyum kecewa.

Burung Berkicau – Anthony De Mello

Leave a Reply

