Parenting is a process

Would  you apply for this position?

WANTED : caregiver to rear one or two children from birth to maturity. A seven-day-a-week, twenty-four-hour-a day position. No salary or benefits such as sick leave or holiday pay, no retirement plan. Caregiver must supply all living expenses for self and children; in the event of any absence, even for a  few minutes with younger children, must supply substitute care. No opportunity to meet child or children to determine compatibility before taking the position. Motivation and job satisfication must come within applicant, as neither children nor society regularly express gratitude or appreciation.

Walaupun kemungkinan besar akan sedikit pelamar untuk posisi tersebut, namun di Amerika Serikat sendiri ada sekitar 4 juta orang tua bayi menerima posisi seperti itu setiap tahunnya.  Belum lagi jumlah yang ada di belahan dunia yang lain. Meskipun dengan alasan yang berbeda, namun peran sebagai orang tua memberikan tanggung jawab yang seharusnya sama.

Menjadi orang tua, bukan suatu hal yang mudah. Ketika perempuan mulai berkarir di luar rumah, tugas sebagai orang tua menjadi hal yang lebih berat lagi. Ada beberapa penelitian mengenai perempuan yang bekerja. beberapa dekade yang lalu, ketika wanita mulai bekerja di luar rumah, mereka merasa bersalah. Sebagai kompensasi dari perasaan bersalahnya, mereka  memanjakan anaknya.  Situasi ini yang membuat anak-anak produk wanita karir, menjadi anak yang nakal. Namun seiring dengan perkembangan, wanita bekerja berusaha menambah pengetahuan dengan membaca banyak buku mengenai parenting. Penelitian terakhir justru menunjukkan wanita bekerja justru menjadikannya ibu yang ideal. Mereka memiliki pengetahuan mengenai parenting yang layak, sehingga mampu menjalin komunikasi yang efektif dengan anaknya. Dari segi penampilan, mereka rapi dan lebih menarik. Selain itu, mereka menjadi role model bagi anak-anaknya berkaitan dengan pencapaian prestasi tertentu.

Parenting bukan sekedar pola asuh ataupun pengasuhan orang tua. Parenting lebih tepat diterjemahkan sebagai Asah, Asih dan Asuh. Jane Brooks (2008) memaparkan bahwa “a parent as an individual who fosters all facts of a child’s growth – who nourishes, protects and guided new life through the courses of its development.” Menjadi orang tua tidak hanya sekedar mengasuh anak dari bayi sampai dewasa, namun ada lebih banyak tanggung jawab di dalam peran tersebut.

Peran sebagai orang tua juga merupakan proses sepanjang hidup. Ketika anak-anak sudah dewasa dan berkeluarga, peran sebagai orang tua juga tetap dibutuhkan. Peran yang sepanjang masa ini juga menuntut orang tua untuk tetap belajar mengenai parenting. Tahapan usia anak yang berbeda juga menuntut perlakuan yang berbeda. Sebagai misal cara orang tua memperlakukan anaknya ketika masih bayi tentunya akan berbeda dengan ketika menginjak remaja.

Pustaka :

Jane Brooks. (2008). The Process of Parenting. 7th edition. Boston : Mc.Graw Hill.

2 responses to “Parenting is a process

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s