Children with Chronic Illness (1)

Setiap anak dikatakan berkembang dengan baik, jika dia dapat melewati tugas-tugas perkembangan sesuai usianya. Setiap tahap perkembangan tidaklah selalu berjalan lancar pada tiap anak. Salah satu yang menghalangi penguasaan tugas-tugas perkembangan adalah kesehatan yang buruk. Anak-anak sangat mudah terkena semua jenis penyakit. Sebagian besar penyakit disebabkan karena sebab-sebab fisiologis, tetapi ada juga yang penyebabnya psikologis sebagai akibat dari ketegangan keluarga. Ada beberapa penyakit kronis lainnya yang sering diderita oleh anak, misalnya saja juvenile onset diabetes (diabetes pada anak), asma, spina bifida (kelainan tulang belakang), congenital heart disease (gangguan jantung kongenital), hemophilia (kelainan plasma darah yang penting untuk pembekuan darah), stage renal disease (penyakit gagal ginjal), sickle cell anemia (anemia sel sabit), cystic fibrosis dan muscular distropy (distropi otot) (Prokop dkk, 1991).

Menurut Elizabeth Hurlock ada beberapa pengaruh penyakit yang umum pada anak yaitu : (a) pertumbuhan dan perkembangan tubuh menjadi terhambat, (b) pengaruh sakit yang berkepanjangan dapat menyebabkan cacat tubuh, (c) perubahan  emosi, (d) perubahan perilaku sosial, (e) Keterbatasan bergerak, (f) menganggu tugas sekolah,  (g) kesulitan perilaku.

Salah satu pengaruh buruk penyakit dapat dilihat pada penderita leukemia,  yang pengobatannya  memerlukan waktu yang lama, menimbulkan keputusasaan, hilangnya harapan pasien, kejenuhan dan pasrah. Setelah selesai pemeriksaan, terutama aspirasi sumsum tulang, biasanya anak merasa ketakutan dan mengalami trauma psikologis. Rasa sakit, kecemasan, ketidakpastian, ketakutan dan kesepian, rasa putus asa dapat memberikan pengalaman yang meninggalkan trauma pada seorang anak.  Pengalaman anak yang mengalami rawat inap cukup lama, atau sering disebut hospitalisasi, akan menjadikan anak itu dalam keadaan tertekan dan stres. Keadaan penuh stres tersebut diakibatkan oleh karena perubahan lingkungan dari rumah yang nyaman ke dalam lingkungan rumah sakit, serta keterbatasan anak dalam mekanisme coping untuk mengatasi stres tersebut.

Pada masa anak-anak, mereka mengerti bahwa ungkapan emosi, terutama emosi yang kurang baik, secara sosial tidak akan diterima oleh teman-teman sebayanya, sehingga anak mempunyai keinginan yang kuat untuk mengendalikan ungkapan-ungkapan emosinya. Namun kalau anak dalam kondisi sakit atau lelah, ia akan cenderung cepat marah, rewel dan umumnya sulit dihadapi (Hurlock, 1997). Hal itu dapat dipahami, karena dalam kondisi sakit banyak hal-hal yang sifatnya menyenangkan dilarang untuk dilakukan oleh penderita, sehingga menimbulkan perasaan  tertekan. Jadi sakit fisik yang bersifat kronis akan menjadi  sumber stres bagi anak.

Situasi-situasi yang menekan tersebut merupakan pemicu munculnya kumpulan cara dari individu untuk menghadapinya. Usaha-usaha yang berbentuk perilaku maupun kognisi untuk mengelola tuntutan-tuntutan masalah yang dihadapinya disebut coping (Folkman dan Lazarus, 1980).

Pustaka :

Hurlock, E.B. (1997). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi 5. Jakarta : Penerbit Airlangga.

Folkman, S. and Lazarus, R.S. (1980). An Analysis of Coping in a Middle-Aged Community Sample. Journal of Health and Social Behavior. 9. 219-239.

One response to “Children with Chronic Illness (1)

  1. Hello there I am so excited I found your website, I really found you by mistake, while I was searching on Bing for
    something else, Nonetheless I am here now and would just like to say thanks for a tremendous post and a all round enjoyable blog (I also love the
    theme/design), I don’t have time to go through it all at the minute but I have bookmarked it and also included your RSS feeds,
    so when I have time I will be back to read a lot more, Please do keep up the great
    jo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s