Awareness : Butir-butir Mutiara Pencerahan

“Bila anda menggantungkan kebahagiaan anda kepada orang lain, hal berikutnya yang akan anda lakukan, baik secara sadar maupun tidak sadar adalah Menuntut orang lain melakukan sesuatu untuk kebahagiaan anda. Akibat berikutnya akan muncul rasa takut: takut kehilangan, takut terasing, takut penolakan, saling menguasai. Cinta Sejati menyingkirkan rasa takut. Bila ada cinta maka tidak ada keharusan, tidak ada tuntutan, tidak ada ketergantungan. Saya tidak menuntut anda untuk berbuat sesuatu demi kebahagiaan saya; kebahagiaan saya tidak terletak dalam diri anda. Bila suatu saat anda meninggalkan saya, saya tidak akan menyesali diri saya; saya sangat menikmati kebersamaan dengan anda, tetapi saya tidak menggantungkan diri saya kepada anda.”

Demikian salah satu butir pencerahan yang tertuang dalam buku yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Buku karya Anthony de Mello tersebut diterbitkan oleh PT. Gramedia Pustaka Utama. Beliau seorang Pastor Jesuit, pembimbing rohani, penyembuh luka batin dan seorang guru. Panggilan hidupnya diwarnai proses pergumulan batin yang unik. Ia memiliki komitmen yang sangat besar untuk mengembangkan nilai-nilai kesucian melalui cinta yang mengarahkan pada kebebasan anak-anak Allah.

De Mello mengajak kita menyusuri lorong-lorong menuju kesadaran. Butir-butir yang dituangkan oleh de Mello mungkin membuat kita terhenyak, karena lorong-lorong yang harus kita telusuri bukan seperti gambaran manusiawi kita. Kesadaran akan memberikan pencerahan yang membawa kita ke dalam kebahagiaan. Seseorang harus menyadari jati dirinya untuk menyadari realita yang terjadi di kehidupannya.

Sebuah buku yang menarik bagi penjelajah spiritual.

Leave a Reply

