Toilet Training (1)

Derry, seorang bocah lelaki yang lucu. Usianya baru menginjak  18 bulan. Ia masih mendapatkan air susu dari ibunya, disamping  susu dan makanan pelengkap lainnya. Kuantitas air minum yang dikonsumsinya cukup banyak, sehingga dalam semalam  ia bisa buang air kecil (ngompol) beberapa kali. Demikian juga, pada siang hari ia masih mengompol.  Sudah beberapa saat ibunya ingin melatihnya untuk mulai buang air kecil pada tempatnya. Atau pun setidaknya ia akan memberikan tanda-tanda, ketika terasa ingin buang air kecil, sehingga tidak ngompol di celana. Ibu Derry mengalami kekhawatiran untuk memulai pelatihan buang air kecil dan buang air besar di toilet pada anaknya.

Proses melatih anak untuk dapat membuang air kecil di toilet (toilet training) membutuhkan waktu dan kesabaran yang berbeda pada masing-masing anak. Pelatihan buang air besar di toilet atau jamban biasanya dapat dimulai pada usia 2-3 tahun. Sedangkan proses pelatihan buang air kecil di toilet dapat dilakukan pada usia 3-4 tahun.

Dengan proses pelatihan yang efektif, diharapkan pada usia 5 tahun, anak dapat buang air besar di toilet atau jamban sendiri. Kemandiriannya dalam urusan pelatihan ini dimulai dari melepas celana dalam sendiri, kemudian mampu membersihkan & mengeringkan alat kelamin maupun anusnya, serta kembali memakai pakaian dalam sendiri

Beberapa tanda anak dianggap sudah siap untuk melakukan toilet training adalah (a).  Selama beberapa jam, pakaian dalam anak tetap berada kondisi kering, (b).  Jika celana dalamnya basah, ia minta diganti dengan yang kering. (c). Anak mulai menunjukkan ketertarikan untuk di atas toilet/jamban (duduk atau jongkok, tergantung jenis toiletnya), (d). Anak sudah mampu mengikuti petunjuk/aturan lesan sederhana yang diberikan ibu atau pengasuhnya. (e).Biasanya terjadi pada usia sekitar 24 bulan – 36 bulan.

(dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s