Bagaimana perkembangan karakter anak ? (1)

Di tengah kebangkrutan moral bangsa, maraknya tindak kekerasan,  korupsi di kalangan pemimpin bangsa, pembunuhan yang dilakukan dalam keluarga ataupun penganiayaan yang marak terjadi di antara kaum sebangsa, menjadikan pendidikan karakter yang menekankan dimensi etis-religius menjadi relevan untuk diterapkan.

Kebobrokan moral yang dilakukan oleh pemimpin bangsa ataupun oleh orang dewasa, membuat kita bertanya-tanya ”bagaimanakah moralitas dan nilai-nilai generasi muda?”.  Hal itu dimungkinkan terjadi, mengingat anak-anak, sebagai generasi masa depan, belajar dari melihat dan meniru (modelling). Jika orang dewasa yang menjadi ”model” memiliki nilai-nilai yang cenderung berpengaruh negatif, bukankah dimungkin generani muda akan dengan mudah mengadaptasi nilai-nilai tersebut.

Nilai-nilai etika sangat penting dikembangkan sebagai dasar dalam kehidupan bermasyarakat. Kapan pendidikan mengenai karakter dan nilai-nilai lebih baik dilakukan ? Sedini mungkin akan memberikan efek yang lebih baik bagi anak.

Karakter berasal dari bahasa Yunani charassein, artinya mengukir hingga terbentuk sebuah pola. Jadi, untuk mendidik anak agar memiliki karakter diperlukan proses ‘mengukir’ yakni pengasuhan dan pendidikan yang tepat. Karakter yang positif merupakan ciri kepribadian yang berkembang dalam kondisi yang menujang aktualisasi rasa aman dan terpenuhinya semua kebutuhan dasar.

Kematangan emosi yang terbentuk pada usia prasekolah dan bukan kemampuan membaca dan berhitung, yang menentukan kesuksesan anak. Sebagai contoh, ketertarikan anak terhadap hal-hal yang terjadi di sekitarnya, mempunyai rasa percaya diri, mengetahui cara dan kapan anak meminta bantuan dari guru atau orang-orang dewasa lainnya, kesabaran menunggu, mematuhi instruksi dan mampu bekerja sama dalam kelompok.

(dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s