Apakah Pendidikan Anak Usia Dini?

 

Dalam dekade terakhir ini, begitu marak pendidikan anak usia dini. Pendidikan untuk anak usia dini marak di berbagai daerah. Sebenarnya apakah pendidikan anak usia dini? Siapa sajakah yang berhak mengikuti pendidikan anak usia dini? Mungkin pertanyaan tersebut pernah hinggap pada orang tua yang memiliki anak usia dini.

Definisi dari Pendidikan anak usia dini (PAUD) sendiri adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.

Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik, yaitu perkembangan koordinasi motorik halus dan kasar.  Selain itu, juga terkait dengan perkembangan kecerdasan, yang terdiri dari perkembangan daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual.  Pendidikan ini juga berusaha untuk mengembangkan sosioemosional (sikap dan perilaku serta agama), bahasa dan komunikasi. Tentu saja, kurikulum pendidikan ini disesuaikan dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.

Tujuan utama dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan di masa dewasa. Sedangkan tujuan penyerta adalah untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah.

Sasaran dari Pendidikan anak usia dini, tentu saja anak-anak yang berada pada rentang anak usia dini. Menurut Pasal 28 UU Sisdiknas No.20/2003 ayat 1, rentang usia anak usia dini adalah anak yang berusia 0 – 6 tahun. Agak berbeda dengan kajian rumpun keilmuan PAUD dan penyelenggaraannya di beberapa negara, dimana Pendidikan Anak Usia Dini dilaksanakan sejak usia 0 – 8 tahun.

Adapun, ruang Lingkup Pendidikan Anak Usia Dini adalah sebagai berikut : a)    Infant, yang memiliki rentang usia antara 0 – 1 tahun. b)   Toddler, dengan rentang usia antara 2 – 3 tahun. c)  Preschool/ Kindergarten children, dengan rentang usia antara 3-6 tahun.  d)  Early Primary School, biasanya pada usia SD Kelas awal, yang memiliki rentang usia antara 6 – 8 tahun.

(dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s