Perkembangan Kepribadian Anak

Perkembangan pola kepribadian mengungkapkan bahwa tiga faktor menentukan perkembangan kepribadian; yaitu faktor bawaan, pengalaman awal dalam lingkungan keluarga, dan pengalaman-pengalaman dalam kehidupan selanjutnya. Pola tersebut sangat erat kaitannya dengan kematangan ciri fisik dan mental yang merupakan unsur bawaan individu. Melalui belajar, kita memperoleh sikap terhadap diri dan cara menanggapi orang lain dan situasi. Sifat-sifat kepribadian didapatkan melalui pengulangan dan kepuasan yang diberikan. Pengalaman belajar yang awal terutama didapatkan di rumah dan pengalaman kemudian diperoleh dari berbagai lingkungan di luar rumah. Ada 2 komponen pola kepribadian yang diungkapkan oleh Elisabeth Hurlock (1997)  yaitu :

1. Konsep Diri

  • Konsep diri sebenarnya adalah konsep seseorang dari siapa dan apa dia itu.
  • Konsep ini merupakan bayangan cermin, ditentukan sebagian besar oleh peran dan hubungan dengan orang lain, dan apa reaksi orang lain terhadapnya.
  • Konsep diri ideal adalah gambaran seseorang mengenai penampilan dan kepribadian yang didambakannya.
  • Perkembangan konsep diri merupakan bagian awal dari perkembangan kepribadian anak. Konsep diri berasal dari kontak anak dengan orang tua, cara orang memperlakukan anak itu, apa yang dikatakan pada akan dan tentang anak itu, dan status anak itu dalam kelompok. Pertama-tama orang yang paling berarti dalam kehidupan anak adalah anggota keluarganya. Akibatnya pengaruh mereka pada konsep diri dominan sekali. Kelak setelah teman sebaya dan para guru mulai berarti, pengaruh mereka ini pada konsep diri menjadi semakin besar.
  • Peran unsur bawaan dalam perkembangan konsep diri ditentukan oleh cara anak menginterpretasikan perlakuan orang lain terhadapnya. Pada setiap usia anak yang cerdas lebih pandai menginterpretasikan perasaan orang terhadap mereka berdasarkan apa yang dikatakan atau dilakukan orang dibandingkan anak yang kurang cerdas. Sebaliknya interpretasi mereka dari perasaan orang lain menentukan apakah mereka akan mengembangkan konsep diri yang menguntungkan atau tidak.

2. Sifat

  • Sifat-sifat adalah kualitas perilaku atau pola penyesuaian spesifik, misalnya reaksi terhadap frustrasi, cara menghadapi masalah, perilaku agresif and defensif, dan perilaku terbuka dan tertutup di hadapan orang lain.
  • Sifat mempunyai dua ciri yang menonjol yaitu: individualitas, yang diperlihatkan dalam variasi kuantitas ciri tertentu, dan bukan dalam kekhasan ciri bagi orang tersebut; dan konsistensi, yang berarti bahwa orang tersebut bersikap dengan cara yang hampir sama dalam situasi dan kondisi serupa.

Ada beberapa kondisi yang menunjang persistensi kepribadian, yaitu:

1. Bawaan

Sifat yang berkaitan, secara langsung atau tidak, dengan unsur bawaan anak akan lebih stabil dari ciri yang mempunyai sedikit hubungan dengan bawaan.

2. Pendidikan anak

Metode pendidikan anak dan sikap orang yang menggunakannya relatif tetap stabil; ini meperkuat konsep diri yang sedadng berkembang dan pola penyesuaian anak yang karakteristik.

3. Nilai-nilai orang tua

Sifat-sifat kepribadian yang sangat dihargai orang tua diperkuat dengan penghargaan orang tua, sementara ciri yang tidak dihargai dibasmi dengan hukuman atau dengan tidak diberikannya penghargaan.

4. Memainkan peran

Peran yang dipelajari anak di rumah mempengaruhi konsep dirinya. Karena permainan cenderung menetap selama masa kanak-kanak, pengaruhnya pada konsep diri akan persisten.

5. Lingkungan sosial

Karena akan melihat dirinya sebagaimana orang lain melihatnya, ini memperkuat perkembangan konsep diri dan metode penyesuaian karakteristik. Perubahan kemudian dalam lingkungan sosial mungkin tidak cukup untuk mengubah pola kepribadian.

6. Seleksi dalam lingkungan sosial

Kepribadian anak atau suatu sifat dominan di dalamnya menetukan pilihan lingkungan sosial. Melalui pergaulan terus menerus dengan orang dalam lingkungan tersebut, konsep diri anak dan pola penyesuaian karakteristik akan diperkuat.

About these ads

4 responses to “Perkembangan Kepribadian Anak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s